Rabu, 24 Februari 2010 | By: GoN

ironman


Ini adalah salah satu super hero favorit saya bukan karena dia adalah seorang mutan ataupun mahluk gaib seperti kebanyakan super hero lainnya, tapi lebih karena bahwa dia adalah manusia biasa yang memiliki otak yang pintar, dan tidak lepas dari masalah-masalah seperti layaknya manusia normal. Memang benar jika kemudian dikatakan bahwa Marvel berhasil membangun sisi manusiawi pada setiap karakternya dibandingkan dengan tokoh komik dari penerbit lainnya. Dan inilah dia sang IRON MAN

"gaya cool dengan hati baja," Tony Stark sang Iron Man yang tak terkalahkan, berjuang untuk keadilan dengan kejeniusnya, sinar repulsor, dan sumber daya penuh dari Stark Enterprises!

Sebelum Iron Mask

Lahir dari pasangan Howard Anthony Stark dan Maria Collins Carbonell Stark, Anthony Edward "Tony" Stark dilahirkan dengan kecerdasan sangat tinggi. Pada usia 15 Stark bersekolah di program sarjana teknik elektro di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di mana ia lulus dengan nilai tertinggi. Pada usia 21 ia diwarisi Stark Enterprises ketika orangtuanya tewas dalam kecelakaan mobil.

Self-Made Superhero
Armors of Iron Man yang lain

Selama konflik Asia Timur, Stark Enterprises mengembangkan transistor mini dengan harapan akan membantu upaya perang, kearah yang lebih baik. Saat mengadakan pengujian pada temuannya (terkait senjata dengan militer) ternyata ada pihak yang menyabotase hal tersebut, menyebabkan Tony terluka oleh ledakan pecahan peluru dan ditangkap oleh Wong Chu, seorang pimpinan pemberontak. Chu memaksa Tony dan tawanan lain, fisikawan terkenal Ho Yinsen, untuk menciptakan senjata untuknya. Sementara sedikit pecahan peluru perlahan-lahan bergerak menuju jantung Tony (akan membunuhnya jika mencapai jantung). Tony dan Yinsen menciptakan pakaian besi yang akan membuat hidup Tony dengan menghentikan pecahan tersebut bergerak menuju jantungnya, dan memungkinkan mereka untuk melarikan diri. Tapi dalam pelariannya bersama Yinsen, Yinsen tewas, ia mengorbankan dirinya untuk membiarkan Tony berubah untuk pertama kalinya menjadi Iron Man.

Dalam perjalanan pulang Tony bertemu Helicopter pilot James Rhodes – selanjutnya akan berubah menjadi mitranya War Machine- dan kembali ke Amerika. Setelah ia tiba, Tony bekerja untuk meningkatkan baju besi Iron Man dan membuat Iron Man seoalh-olah sebagai pewangal pribadi Tony Stark untuk menyamarkan identitasnya. Dalam tahun-tahun awal Tony Stark menjadi sponsor untuk kelompok superhero The Avengers dan sebagai Iron Man bekerjasama dengan superhero lainnya seperti Thor, Ant-Man, Wasp, dan Hulk. Untuk menghadapi penjahat terkenal seperti Mandarin, Hawkeye, dan Black Widow.

Meskipun Anthony Stark tampaknya mempunyai kehidupan yang kaya, dan pesona playboy tapi kenyataannya hidupnya jauh dari sempurna. Masalah pribadi yang terbesar adalah pertempuran seumur hidup dengan alkoholisme. Masalah lain termasuk kerugian berulang perusahaan oleh pengambilalihan, kepailitan, dan banyak bisnis lain, sampai akhirnya yang paling parah ia menjadi tunawisma, dan ia menyerahkan identitas Iron Man ke temannya Rhodes. Tapi Stark sang pahlawan kita selalu sembuh. Ia segera memulai perusahaan baru, Sirkuit Maximus, dan dengan cepat kembali sebagai Iron Man. Ketika Stark International Chief Executive Officer yang baru, Obaja Stane, mencoba untuk mengambil alih perusahaan baru Stark, Stark membalas dan mengambil kembali perusahaan keluarganya.

Tetap musuh utama Tony Stark adalah kesehatan bahkan setelah transplantasi hati yang menyelamatkan hidupnya, Tony masih memiliki masalah kesehatan. Baju besi cyberneticnya menyebabkan sistem saraf nya memburuk. Menjadi cukup serius bahwa ia harus memalsukan kematiannya sendiri dan harus menjalani mati suri untuk bertahan hidup. Pada titik ini Rhodes mengenakan identitas Iron Man sekali lagi, tapi kali ini dia dilengkapi diri dengan baju tempur baru yang diciptakan oleh Tony disebut "Variable Threat Response Battle Suit", kemudian dikenal sebagai War Machine. Ketika Tony terbangun, Rhodes begitu marah karena merasa ditiipu dan ia meninggalkan Tony dan membuat War Machine sebagai identitas superheronya sendiri.


Tony kemudian menunjukkan kepada dunia bahwa dia adalah Iron Man. Setelah kejadian itu ia mengambil posisi sebagai Menteri Pertahanan untuk memantau penggunaan teknologi nya oleh Militer Amerika Serikat. Kemudian ia dipaksa mundur dari posisinya ketika Scarlet Witch keluar kendali dan membunuh anggota Avengers,dan ini memaksa mereka untuk bubar. Tony menyatakan di depan umum bahwa ia tidak akan lagi menjadi Iron Man tapi Iron man akan selalu ada. Meskipun tentu saja Tony terus menjadi Iron Man tetapi dengan menjaga identitas rahasianya. Baru-baru ini, Tony menyuntikkan dirinya dengan virus yang mengandung Nanotech yang menginteregasikan banyak dari fungsi baju besinya sesuai dengan sistem biologisnya. Ia juga anggota sebuah kelompok rahasia yang dikenal sebagai Illuminati, bersama dengan Profesor Charles Xavier, Reed Richards, Blackagar Boltagon, Dr Stephen Strange, dan Namor selama beberapa tahun.

Civil War
Captian Amerika VS Iron Man

Dalam kisah mengenai sang Captain kisah ini sudah dissinggung sedikit, tapi nampaknya kisah tentang civil war ini akan sangat menarik untuk dibahas karena terjadi pertempuran antara sesama pahlawan super, yang dipimpin oleh legenda dalam dunia Marvel. Jadi sampai jumpa dalam Civil War!!!

0 komentar:

Posting Komentar